Netball, Sepupu Permainan Bola Basket

Bola basket pasti sudah sangat kita kenal, mengingat popularitasnya yang moncer, plus sudah sangat sering dipertandingkan diberbagai turnamen.

Contohnya Olimpiade, Asian games, Sea games.


Tapi, ada juga olahraga mirip dengan bola basket, yang bernama "Netball".

Sekilas, netball sangat mirip dengan basket, dimana pemain harus meluncurkan bola ke dalam net demi mencetak skor.


Perbedaan

Mengingat netball menjadi "sepupu" dari bola basket, tentu saja permainan ini tidak sepenuhnya sama. Ada beberapa perbedaan mendasar yang bisa dilihat.


1. Ring

Ring untuk basket pasti sudah diketahui, tempat memasukkan bola berbentuk lingkaran disertai jaring dibawahnya.

Kehadiran jaring membuat bola yang masuk mudah dilihat. Dan dibelakang ring terdapat papan yang bisa digunakan untuk memantulkan bola.


Pada netball, ring tidak menggunakan papan dibagian belakangnya. Yang ada hanya ring serta jaring yang ditopang tiang.


Inilah salah satu perbedaan mendasar dari kedua permainan ini, yaitu dilihat dari bentuk ringnya. Basket menggunakan papan, sedangkan netball tidak.

Selain itu, ring pada basket ditopang oleh tiang besar nan kokoh dan bentuknya seperti menjorok ke dalam. Sedangkan netball hanya terdiri dari tiang yang lurus keatas, dan ring tergantung disana.

Jadi tidak heran kekuatan ring basket jauh lebih sangar karena pemainnya bisa melakukan "dunk", yaitu memasukkan bola sembari bergelantungan pada ring.


2. Cara bermain

Netball bisa dibilang lebih kalem dan pergerakannya lebih slow, sedangkan basket kita bisa melihat permainan cepat, lincah dan penuh power.

Pemain basket bebas menembakkan bola darimanapun untuk mencetak skor.

Tapi pada netball tidak bisa leluasa.

Mengapa?

Ingat kembali bentuk ring netball yang tidak memiliki papan. Absennya papan inilah yang membuat pemain netball tidak bisa leluasa melempar bola ke ring.

Mengingat peluang meleset sangat besar.


Ketika seorang pemain sudah mendapatkan bola di dalam lingkaran ring dan mau mencetak skor, pemain lawan tidak boleh mengganggunya secara langsung.


Ini juga sangat menarik.

Seorang pemain yang sudah berada di dalam lingkaran garis di dekat ring dan mau mencetak skor, mendapatkan kesempatan untuk membidik sasaran beberapa detik. Pemain lawan tidak boleh melakukan dorongan atau kontak fisik.

Mereka hanya boleh mengganggu lewat gerakan tangan saja.

Seketika seorang pemain sudah memegang bola di dalam lingkaran ring, semua pemain seakan diam sebentar dan memberikan kesempatan untuk si penembak melempar bola ke dalam ring.

Tidak seperti basket..

Pemain lawan boleh mengganggu lawan yang hendak menembakkan bola ke dalam jaring. Tidak ada aturan mereka harus berhenti dan memberikan kesempatan lawan untuk menembak bola.


3. Jumlah pemain

Perbedaannya :

  • Basket dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari lima orang, 
  • Sedangkan netball juga dimainkan oleh dua tim tapi setiap tim memiliki tujuh orang.



Kesimpulan

Tujuan utama dari kedua permainan ini menceploskan bola ke dalam jaring dan tim yang meraih poin paling banyaklah menjadi pemenang.

Mengapa kita jarang melihat netball?

Memang popularitas permainan ini tidak setenar basket dan lebih banyak dimainkan oleh negara-negara persemakmuran Inggris.

Contohlah Australia.

Nah, pas menonton tv Australia-lah saya pertama kali melihat permainan ini.. Sekilas saya kira basket tapi ternyata agak berbeda.


Baca juga ya :

Post a Comment for "Netball, Sepupu Permainan Bola Basket"