Contoh Alat Yang Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi Gerak, Panas, Cahaya

Kehadiran energi listrik mampu membuat suatu alat berubah untuk menghasilkan energi yang lain. Contohnya sangat banyak..


Dan sekarang kita akan membahas satu-satu perubahan energi listrik ini disertai dengan contoh alat-alatnya..


1. Energi listrik menjadi gerak

Contoh alat listriknya antara lain :

  • Kipas angin
  • Pendingin ruangan (AC)
  • Bor listrik
  • Mixer
  • Blender
  • Pembuat jus (juicer)
  • Pompa air
  • Motor listrik
  • Mesin jahit
  • Penyedot debu
  • Mesin cuci
  • Hair dryer (pengering rambut)
Pompa air ketika mendapatkan energi dari listrik, baling-baling yang ada didalamnya bergerak dan mampu mengirim air ke tempat yang lebih tinggi atau lebih jauh.



2. Energi listrik menjadi cahaya

Contoh alatnya antara lain :

  • Lampu
  • Senter
  • Handphone
  • Televisi
Televisi mampu mengeluarkan sinar sehingga kita bisa melihat gambar yang tayang dengan baik dan jelas..


3. Energi listrik menjadi suara

Contoh alatnya :

  • Radio
  • Televisi
  • Handphone
  • Bel listrik
  • Speaker
  • Earphone



4. Energi listrik menjadi panas

Contohnya :

  • Kompor listrik
  • Solder
  • Oven
  • Ricecooker
  • Toaster (pemanggang roti)
  • Setrika
  • Pemanas air


Itulah beberapa contoh perubahan energi listrik menjadi energi lainnya disertai dengan contoh alat-alatnya..


Baca juga :

12 comments for "Contoh Alat Yang Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi Gerak, Panas, Cahaya"

  1. Terimakasih banyak yaa..Saya bisa mengerjakan tugas dengan lebih sempurna..
    Aku sudah membaca dan menghafalkannya lho
    Mudah mudahan saat menghadapi Ujian di sekolah,saya sukses dan dapat melanjutkan pelajaran berikutnya..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak sangat membuatu saya untuk mengerjakan tugas tugas saya

    ReplyDelete
  3. mantap - mantap buat belajar.....

    ReplyDelete
  4. terima kasih saya jadi mengerti

    ReplyDelete
  5. Trima kasih,saya jadi tau sekarang

    ReplyDelete
  6. Terimakasih udh bagi2 ilmunya.

    ReplyDelete