Minyak Goreng, Solusi Bagi Gembok Anda Yang Keras Dan Berkarat

Krek krek krek...

Kreeeeeeekkkkkkkkkkkk......
Ptakkk...

Kuncipun jadi patah..


Pernah mengalami penderitaan seperti ini?

Kunci atau gembok kok ga mau nurut. Sudah diputar-putar dan digelitikin pakai kunci ga mau buka juga..

Bandel amat sih..

Kalau mereka yang sabarnya setinggi langit sih ga bakalan pernah marah sama yang beginian. Tinggal getok saja pakai palu, kelar urusan..

Iya, gemboknya kebuka, tapi masih harus beli yang baru lagi..
Sayang kan duitnya??

Pakai minyak goreng

Minyak goreng memang jago banget untuk urusan menggoreng dan menghasilkan ayam yang renyah nan nikmat..

Ibu-ibu dipastikan galau kalau minyak tidak membasahi penggorengannya..

Dan rasa galau anda karena gembok yang susah dibuka ini juga bisa diatasi oleh tetesan-tetesannya yang halus itu.

Mengapa minyak goreng sih?

Alasan utamanya adalah paling mudah ditemukan. Langsung saja ngacir ke dapur dan angkut beberapa tetesannya saja..

Ga perlu banyak..

Kalau bisa minyak goreng baru, jangan yang sudah dipakai. Biar baunya masih ok dan tidak ada semir-semir amis..

Nanti gembok malah menjadi mainan baru bagi semut iseng..

Pakai oli bisa, oli baru kalau memungkinkan.
Tapi oli biasanya jarang "ready stock" di rumah.

Malas kan pergi ke bengkel untuk memintanya..
Minta? Beli dong.. :)

Lagian saya lebih suka mencium aroma minyak goreng baru dibandingkan oli..

Caranya gimana?

Ambil minyak sedikit saja dan tuangkan dalam wadah yang sudah disiapkan. Langkah selanjutnya adalah memanggil si gembok..

Pegang dia dengan mantap..
Tuangkan sedikit minyak ke 2 lubang gantungan dan satu lubang kunci..

Untuk lubang kunci paling mantap kuncinya yang diolesi minyak terus tuntun dia ke lubang yang harus dirangseknya.

Putar-putar kuncinya sedikit demi sedikit sampai lancar..

2 lubang tempat gantungannya jangan lupa juga goyang-goyang biar minyaknya bisa menyusup dan melemahkan perlawanan karat.

Nah, seharusnya sekarang kunci anda sudah bisa dibuka dalam tahapan ini..

Kalau belum juga, coba tambahkan kucuran minyak ke semua lubangnya. Biarkan beberapa detik agar minyak semakin bisa merangsek ke dalam lubang.

Putar-putar lagi..
Goyang-goyang lagi..

Ok, cukup..
Harusnya sudah oke kondisi kunci anda sekarang... hehe..

Kok ga pakai air?

Jangan..
Air itu tidak boleh digunakan dalam pekerjaan yang satu ini.

Fatal..

Air itu merupakan dalang besar dalam terjadinya karat dalam gembok. Air mampu mempercepat proses perkaratan pada besi.

Jadi salah besar kalau memasukkan air ke dalam lubang-lubangnya.

Itulah sebabnya, gembok pintu gerbang yang terletak di luar rumah dan sering dihantam hujan serta udara lembab dimalam hari akan cepat karatan.

Sebelum gembok susah dibuka, lakukan deh penetesan minyak ini sekali dalam dua minggu. Biar tetap enak diputar dan ditariknya.

Mudah sekali bukan?

Jangan biarkan gembok rusak dan berkarat gara-gara tidak pernah diberi perhatian.

Buatlah dia bertahan lebih lama lagi dalam melayani anda dengan menyirami sedikit minyak ke dalam tiga lubangnya...


Previous
Next Post »