Sunday, July 30, 2017

Menyibak Fungsi Tonjolan Pada Standar Ganda Motor

Motor sudah menjadi sahabat banyak orang untuk meluncur di jalanan guna mencapai tempat tujuan dengan lancar.

Yang santai ya, jangan keburu nafsu untuk memelintir gas..


Mengingat harganya yang jauh lebih terjangkau dibanding mobil, tak ayal motor menjadi pilihan utama berbagai kalangan.

Selain lebih lincah di jalanan, sedotan bahan bakarnya yang irit, membuatnya semakin menjadi primadona.

Tak heran dalam satu rumah bisa terparkir dua atau bahkan tiga sampai empat motor. Setiap orang di dalamnya mempunyai bagian masing-masing..


Tonjolan pada standar

Ngomong-ngomong soal parkir, kita pastinya sangat bergantung dengan yang namanya standar kan? Ia membantu motor istirahat dan tetap tegak berdiri.

Dan yang paling sering digunakan pasti standar tunggal.

Mengapa?
Karena standar model samping ini sangat mudah dinaik dan turunkan. Tidak menguras tenaga yang lebih.

Sangat berbeda dengan standar dobel.


Coba lihat gambar diatas..
Nah, inilah model standar dobel pada motor kita.

Ada tonjolan kan di sana?
Yang sudah dilingkari merah. Memiliki fungsi yang sangat penting dan masih sering saya lihat jarang dimanfaatkan.

Terus buat apa?

Tentu saja untuk menegakkan motor dengan standar dobel ini.

Agar motor mau bertengger dengan standar dobel, memang diperlukan usaha agak lebih dibandingkan yang standar tunggal.

Disinilah tonjolan ini memainkan perannya.

Caranya gimana?
  1. Kita berada di depan standar dobel
  2. Gunakan kaki terkuat, untuk mendorongnya ke belakang.
  3. Tetap jaga keseimbangan motor dengan bantuan kedua tangan ya.
Ketika kaki mendorong tonjolan ini, motor dengan sendirinya terangkat dan langsung tegak dengan kedua standarnya.

Jauh lebih mudah.

Dulu ketika baru mengenal motor, memposisikan motor dengan standar dobel sangat menyusahkan. Perlu tenaga besar karena harus mengangkatnya juga.

Setelah beberapa kali melakukan percobaan, ternyata saya baru menyadari peran tonjolan ini.

Ketika mendorongnya dengan kaki terkuat, motor dengan mudah terangkat dan saya sama sekali tidak kesusahan.

Mudah sekali.

Manfaat standar dobel

Ketika sudah mengetahui cara mudahnya, menegakkan motor dengan menggunakan standar dobel menjadi favorit saya.

Mengapa?

  • Posisi motor lebih stabil, tidak mudah goyang. Kecuali berada pada lahan yang miring. 
  • Standar dobel tidak membuat motor terbebani ke satu sisi dan bisa mempengaruhi shock breaker, khusus motor yang menggunakannya pada kedua sisi.
  • Parkir dalam waktu lama, standar dobel lebih bagus. Motor seimbang di kedua sisi.
  • Posisi tegak membuat motor irit tempat dan cocok digunakan pada parkir yang padat.
Jadi seperti itulah manfaat standar dobel pada motor kita..


Manfaat tonjolan :
⥈ Memudahkan menegakkan motor ketika menggunakan standar dobel
⥈ Tidak menguras banyak energi


Baca juga :


EmoticonEmoticon