Tuesday, April 18, 2017

Beragam Manfaat Pasir Selain Untuk Bahan Bangunan

Ketika pasir disandingkan dengan semen disertai beberapa guyuran air, campuran ketiganya akan mampu membantu para tukang membangun rumah. Kombinasi ketiganya sanggup merekatkan bata sehingga terbentuklah bangunan yang diimpikan.

source : pixabay

Tapi tidak berhenti disana saja, pasir ternyata masih memiliki segudang manfaat yang ternyata sudah dimanfaatkan oleh manusia.

Apa saja itu?
Yuk kita lihat dibawah ini..


1. Menghasilkan seni

Contoh paling nyata yaitu pada gambar diatas. Pasir bisa dibentuk menjadi benda seni tergantung dari kreativitas para pembuatnya. Keren ya gambarnya dan ini mampu mengundang decak kagum mereka yang lewat disekitar.

Atau contoh yang lain adalah istana pasir.

Ini adalah hasil karya seni yang tidak kalah kerennya. Coba deh cari di google dan ketikkan kata kunci "istana pasir" atau "sand castle", pasti banyak bermunculan karya-karya indah dengan menggunakan bantuan pasir.


2. Kura-kura menyembunyikan telur

Kura-kura ternyata tahu bagaimana menyelamatkan telur-telur mereka dari gangguan para pemangsa buas nan lapar. Telur dikubur dalam-dalam sehingga para peneror ini tidak bisa menjangkaunya dan keturunan merekapun selamat sampai lahir.


3. Terapi kesehatan

Sore-sore sekitar jam 4 sampai jam 5 berderet beberapa orang, kebanyakan sudah tua, mengubur kaki mereka dalam pasir disekitar pantai. Katanya sih panas pasir di sore hari mampu membuat tubuh mereka lebih bugar dan sehat.

Cara ini sudah saya dengar sejak dulu dan ketika pergi ke pantai, kadang saya juga ikut membenamkan kaki sebentar di dalamnya. Rasanya memang enak..

Tapi jangan melakukan ketika cuaca masih panas ya, kulit bisa terbakar. Cobalah cari waktu agak sore, jam 4 sampai jam 5. Bahkan jam 5 pun pasir masih terasa panas sehingga saya tidak mau berlama-lama menimbun kaki.


4. Angkat beban

Bagi yang ingin meningkatkan massa otot ditangan, bisa mencoba angkat beban dengan menggunakan bantuan pasir. Cara yang paling mudah dengan memasukkan pasir ke dalam botol air minum bekas dan tutup rapat.

Cobalah angkat beberapa kali setiap hari dan tangan andapun langsung berotot jika rajin dan tekun berlatih.


5. Membersihkan galon air dari lumut

Jika diraih dengan tangan, lumut dalam galon tidak akan terjangkau karena lubang galon yang kecil dan tangan tidak bisa masuk. Solusinya adalah pasir.

Masukkan pasir dua genggam dan isi dengan sedikit air, lalu putar-putar dengan menggoyang-goyangkan galon. Coba perhatikan, lumut langsung hilang dan galon kembali bersih tidak ternoda warna-warna hijau dari lumut.

Cuci bersih galon sebelum digunakan kembali.


6. Menentukan waktu

Ingat jam pasir kan? Jam ini begitu populer di jaman dulu ketika dunia masih didominasi kerajaan-kerajaan. Jam seperti ini muncul dalam film bernuansa romawi atau mesir, betul tidak?

Dalam film tersebut, maaf saya lupa judulnya, suatu tokoh diberikan kesempatan untuk melakukan tugas penting tapi tidak boleh melewati guyuran pasir yang jatuh dalam jam ini. Pernah melihat film seperti ini?


7. Selancar pasir

Di Jogja ada kegiatan seperti ini dan dikenal dengan nama "sand boarding". Jadi pasir digunakan sebagai landasan untuk berseluncur.

Silahkan cek videonya di youtube.

Sand boarding tidak hanya ada di Indonesia, di luar negeri olahraga seperti ini juga sangat digemari dan banyak peminatnya.


Kesimpulan

Pasir ternyata banyak manfaatnya dan pastinya ada lagi manfaat lain yang belum disebukan disini. Memang yang paling nyantol di otak kita adalah manfaatnya untuk bahan bangunan. Tidak heran sih karena pembangunan sangat bergantung dengan pasir.

Dan selain bahan bangunan, saya sudah menyebutkan tujuh manfaat lainnya dan mungkin bisa membantu anda nantinya. Siapa tahu nanti pasir membantu menyelesaikan masalah sehari-hari, seperti menghilangkan lumut dari galon.




EmoticonEmoticon