Inilah 6 Perbedaan Antara Gunung dan Bukit

Gunung dan bukit, dari namanya saja sudah berbeda, pastinya memiliki ciri-ciri yang berbeda pula. Kalau sama, mengapa harus dibedakan namanya antara bukit dan gunung? Betul tak?

Memang keduanya sama-sama menjulang, tapi ada perbedaan mendasar yang bisa diselami..

source : pixabay

Nah, mari kita gali lebih dalam lagi mengenai perbedaan dari kedua benda yang sangat mudah dijumpai di negara kita..


1. Ketinggian

Gunung jauh lebih unggul dibanding bukit dalam hal ketinggian dan puncak gunung yang tertinggi di dunia adalah Mount Everest yang memiliki ketinggian lebih dari 8000 meter.

Bukit, sepanjang pengamatan saya, tidak ada yang tingginya melebihi sebuah gunung.


2. Adanya kawah

Kawah adalah cekungan raksasa yang berbentuk seperti mangkok, dan yang memilikinya hanyalah gunung. Kawah ini digunakan sebagai tempat untuk melontarkan magma yang ada di dalam perut gunung.

Salah satu pemandangan kawah yang terkenal di Indonesia yaitu kawah di Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur.

Bagaimana dengan bukit? Sudah pasti tidak punya..


3. Potensi meletus

Karena tidak punya kawah, maka bukit tidak bisa meletus.

Ini sangat berbeda dengan gunung yang didalamnya ada magma yang siap dilontarkan keluar dan terjadilah letusan gunung berapi.

Kita tidak pernah mendengar letusan bukit berapi kan?

Gunung yang meletus hanyalah gunung yang aktif saja, karena ada juga gunung yang tidak aktif. Gunung seperti ini tidak meletus lagi karena tidak ada aktivitas di dapur magmanya.


4. Bentuknya

Gunung berbentuk seperti kerucut dan memiliki satu puncak dimana kita bisa menemukan kawah dengan jelas.

Bukit?

Bentuknya bahkan memanjang dan tidak ditemukan adanya puncak yang menyerupai kerucut. Walaupun tinggi, bukit tidak berbentuk menyerupai tumpeng seperti halnya gunung.


5. Kehadiran tumbuhan

Kalau diperbukitan, kita akan mudah sekali menemukan tumbuhan dalam ukuran kecil dan besar. Perbukitan hijau, begitulah istilah yang sering di dengar saking banyaknya pohon bertebaran disana.

Gunung bagaimana?

Hampir tidak ada pepohonan besar yang tumbuh dilereng-lereng gunung, mungkin karena hawa panas yang berasal dari magma di dalamnya. Dan memang kebanyakan gunung akan gundul di lereng-lerengnya.

Tapi dibagian bawah, yang letaknya agak jauh dari gunung, pepohonan bisa ditemukan dengan mudah. Bisa jadi karena tanahnya subur akibat kecipratan muntahan material yang mampu menyuburkan tanah disana.

Coba deh perhatikan gambar-gambar gunung di internet!!


6. Pasir dan batu

Gunung berapi ketika meletus, akan melontarkan lava dan material lain seperti pasir. Inilah yang membuat disekitar gunung berapi banyak orang yang menambang pasir.

Lava-lava yang sudah dingin akan membentuk batu-batuan yang mudah dijumpai disekitarnya.

Pada perbukitan, akan sangat sulit sekali menemukan pasir ataupun tebaran batu hasil pembekuan lava. Kalaupun ada batu-batu besar, bentuknya beda sekali dengan yang digunung.

Malah pada perbukitan kita mudah menemukan tanah subur dan gembur karena banyak mendapatkan kompos dari sisa-sisa tumbuhan yang telah mati.


Kesimpulan

Jadi seperti itulah perbedaan yang bisa dikupas dari gunung dan bukit, setidaknya ada 6 hal mendasar yang membedakan mereka berdua.

  • ketinggian
  • kawah 
  • potensi meletus
  • bentuknya
  • ada tidaknya tumbuhan
  • keberadaan pasir dan batu


Atau anda mau menambahkannya lagi?

Silahkan berikan tuliskan komentar anda dibawah ini. Pendapat anda tentunya akan semakin melengkapkan artikel ini..

Semoga membantu..


Baca juga :

Previous
Next Post »