Apasih "Box Office" itu??

Bagi para penggemar film, pasti sudah akrab dengan istilah yang satu ini. Gaungnya menyebar kencang kemana-mana ketika ada film bagus yang sedang tayang.

Khususnya dari Amerika.


Amerika menjadi gudang film-film terkenal, setiap tahun film baru selalu dilempar ke pasar dan rata-rata mendulang sukses.

Nah..
Industri per-film-an Amerika yang dikenal dengan "Hollywood" inipun melahirkan istilah baru. Soalnya istilah ini lebih sering digaungkan oleh media sana, yaitu "Box Office".


Apasih Box Office?

Untuk artinya secara umum ada dua, dan akan dibahas satu per satu. Mari langsung berangkat ke arti yang pertama.



Arti pertama


Dilansir dari wikipedia, box office disebut sebagai berikut..

box office or ticket office is a place where tickets are sold to the public for admission to an event. Patrons may perform the transaction at a countertop, through a hole in a wall or window, or at a wicket.

Bisa diartikan sebagai berikut :

Box office atau ticket office adalah tempat dimana tiket dijual kepada publik untuk sebuah acara. Pelanggan bisa melakukan transaksi ditempat yang sudah disediakan, melalui lubang ditembok atau jendela kecil.


Jadi jelas ya..

Box office itu adalah tempat orang biasanya membeli tiket untuk suatu acara. Petugasnya akan ada ditengah kotak atau di dalam tembok, dan kita bisa bertransaksi melalui lubang yang sudah disediakan.

Contohlah di rumah sakit atau tempat pembayaran parkir.

Ketika mau menebus obat, beberapa rumah sakit menyediakan loket pembayaran, dimana kita harus bertransaksi dengan kasir melalui jendela kecil.

Atau ditempat parkir..

Ketika mau membayar biaya parkir, petugasnya sudah berada di dalam kotak kecil dan didepannya ada komputer yang memudahkan perhitungan biaya.

Karcis diserahkan lewat jendela kecil
Petugas mengambilnya dan mengecek nilai pembayaran
Kita menyerahkan uang dan transaksi pun berlangsung.

Seperti itulah kira-kira gambaran dari box office yang pertama. Box atau kotak atau loket dimana kita bisa membeli tiket untuk suatu pertunjukan.



Arti kedua


Untuk yang kedua, artinya sudah mengalami pergeseran. Walaupun masih berhubungan dengan dunia pertunjukkan dan tiket, tapi sangat berbeda dengan yang pertama.

Box office business can be measured in the terms of the number of tickets sold or the amount of money raised by ticket sales (revenue)

Artinya sebagai berikut :

Bos office adalah ukuran jumlah tiket yang terjual atau jumlah uang yang berhasil diperoleh (pemasukan) dari penjualan tiket tersebut.

Box office yang ini lebih condong ke dunia per-film-an Hollywood.

Pasti sering mendengar ketika ada film keren yang sudah rilis dan bisa dinikmati disetiap bioskop, munculah "box office".

Box office melansir pendapatan sebuah film dihitung berdasarkan tiket yang terjual. Baik itu didalam negerinya (Amerika) ataupun diluar negeri.

Perhitungan jumlah pendapatan suatu film memang diulas oleh website tertentu. Disana ditampilkan pendapatan dari penjualan tiket, DVD dan lainnya.
Khusus box office, yang dihitung hanya dari penjualan tiket.


Kesimpulan

Nah..
Sekarang kita sudah tahu arti dari box office ya..

Artinya ada dua :
  • Pertama, tempat membeli tiket untuk suatu pertunjukkan
  • Kedua, proyeksi pendapatkan sebuah film dari hasil penjualan karcis atau tiket.

Kedepannya, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam film keren nan menarik, yang menghasilkan pemasukan luar biasa dari penjualan tiket.
Selamat menunggu film kesayangan ya..

Referensi : wikipedia


Baca juga :

4 comments for "Apasih "Box Office" itu??"

  1. Wahhh jadi makin tau nih, terkadang cuma nonton produknya aja gak tau artinya wuehehe

    ReplyDelete
  2. Sepertinya, kesimpulan kedua tentang arti box office lebih tepat ya, bli ..., omzet penjualan melebihi batas yang diperkirakan.

    Betewe, seru juga kali ya kalau kisah suka duka babak belurnya blogger ikut digarap juga oleh sineas perfilman Hollywood ...
    Kayak-kayaknya filmnya nantinya juga akan box office karena jumlah blogger dunia tuh jutaan ...

    ReplyDelete
  3. Ternyata udah ada pergeseran makna yah. Taunya arti yang kedua, pokoke yang lagi terkenan gitu hehehe

    ReplyDelete
  4. @andrie kristianto : hehe.. Ok mas..
    @himawant sant :betul mas himawant, lebih condong yang kedua. Betul juga ya mas, kisah blogger sukses yang nonton ratusanjuta orang nanti..
    wkwkwk.
    @bang day :iya betul bang, lebih cenderung yang kedua.. pokoknya film terkenal..
    hehe

    ReplyDelete