Perbedaan Dari Reboisasi dan Pembalakan Liar

Indonesia adalah negara dengan luas hutan yang luar biasa besar, terutama di wilayah sumatra, kalimantan dan juga papua.

Bentangan hijau dedaunan memanjakan mata..


Potensi yang terkandung didalamnya sangat besar, baik untuk kegiatan ekonomi ataupun dibidang yang lainnya.

Bidang ekonomi misalnya, kayu-kayu yang dihasilkan bisa diolah menjadi produk mebel dan furnitur. Dan untuk bidang lain, seperti kesehatan dimana di dalam hutan banyak ditemukan tanaman obat.

Besar sekali potensi hutan..

Tidak lupa hutan juga menjadi pelindung kehidupan masyarakat banyak, contohnya sumber air yang melimpah dan menjaga tanah agar tidak longsor serta mencegah banjir dimusim hujan.




Pembalakan liar


Tergiur akan  keuntungan dari hasil menjual kayu-kayu yang ada dihutan, beberapa pihak melakukan tindakan yang sangat dilarang.

Pembalakan liar..


Pembalakan liar adalah penebangan pohon di hutan dan dijual untuk kepentingan mereka sendiri dan biasanya mengakibatkan kerusakan lingkungan.


Baik itu kecil, sedang dan sampai parah.

Fungsi hutan pun terkikis akibat ulah segelintir pihak ini.

Jika semakin banyak saja area hutan yang dibabat dan dirampas kayunya, hutan mulai mengendorkan perlindungannya kepada masyarakat sekitar.
  • sumber air menjadi berkurang
  • potensi banjir dan longsor semakin nampak
Sangat mengkhawatirkan..



Demi mendapatkan keuntungan berupa lembaran-lembaran uang, pihak yang tidak bertanggung jawab ini bisa menghancurkan kehidupan dihutan sekaligus mengancam banyak jiwa masyarakat yang ada disekitarnya.

Oleh karena ini, pemerintah sangat serius dalam memerangi dan memberantas praktek penebangan hutan liar.

Dampaknya luar biasa besar..


Reboisasi


Ketika ada pihak yang hanya mengincar keuntungan semata dari hutan, maka ada juga pihak yang peduli dengan kehidupan di dalamnya.

Tidak mau hutan rusak terus-menerus, mereka yang peduli dengan lingkungan mengerahkan segenap tenaga dan usaha untuk memperbaiki lahan yang sudah rusak.

Reboisasi menjadi pilihan..


Reboisasi adalah kegiatan untuk menghijaukan hutan kembali, caranya adalah dengan menanam pohon dilahan yang sudah gundul.


Harapannya tentu saja agar hutan bisa berfungsi seperti semula.

Dengan semakin banyaknya tumbuhan yang kembali bertumbuh, fungsi hutanpun perlahan membaik dan mendatangkan manfaat bagi kita.

Memang akan diperlukan waktu lama agar pohon kembali tumbuh besar, bisa belasan hingga puluhan tahun..

Tidak seperti menebang pohon yang dalam hitungan hari mampu menumbangkan banyak pohon. Sayang sekali ya..


Kesimpulan

Nah, dari penjelasan diatas kita sudah mendapatkan gambaran apasih arti dari pembalakan liar dan reboisasi serta dampak yang ditimbulkan.

  • Pembalakan liar adalah kegiatan menebang pohon dihutan tanpa ijin dan merusak kehidupan didalamnya.
  • Reboisasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menanam pohon dihutan agar kembali hijau dan tidak gundul.

Jika pembalakan liar tetap dibiarkan, kerusakan hutan semakin nyata dan bisa menimbulkan dampak yang sangat merugikan kita.


Baca juga :

Previous
Next Post »