Inilah Manfaat Tangga Bagi Kesehatan


Tangga?

Iya, tangga yang buat naik itu lho..
Naik ke hatimu...

Ok..
Sekarang serius..

Tangga yang dimaksud adalah tangga untuk naik ke lantai berikut, di rumah atau di kantor, bukan buat manjat buah ya!!

Bukan tangga yang bisa dipindah-pindah seperti itu ya..

Kalau anda mempunyai rumah berkantai dua, maka tangga pasti hadir disana.
Ia merupakan akses mudah untuk menjangkau lantai bagian atas.

Cobalah

Nah gerakan naik dan menuruni tangga inilah yang bisa membantu kesehatan anda.

Jangan ragu dan malas

Ketika di kantor misalnya

Kebanyakan aktivitas anda dalam bekerja adalah duduk dan bertatap-tatapan dengan komputer.
Pergerakan kesana kemari itu sangatlah jarang.

Nah inilah kesempatan untuk memanfaatkan tangga.

Coba deh, beberapa kali dalam sehari anda melakukan gerakan naik dan turun tangga.

Lumayan juga buat olahraga kan?

Pegal dibadan akibat terlalu fokus dengan komputerpun bisa diminimalisir.

Dalam sehari kan disarankan untuk bergerak, jangan badan diajak duduk manis saja di depan komputer.

Apalagi jika pekerjaan anda itu membutuhkan konsentrasi yang tinggi, pusing atau stress sangatlah mudah menelikung pikiran.

Ketika penat datang

Cobalah untuk berhenti sebentar dan regangkan otot tubuh yang kaku dengan naik turun tangga selama beberapa menit.

Sebentar juga ok kok..
Lumayan juga kan untuk membakar lemak yang bergelantungan di perut..

Tapi untuk urusan penghilangan lemak diperut, lari memang solusi yang pas.

Ketika libur, anda bisa mencobanya di lapangan luas atau tempat olahraga umum.
Lakukan selama 20 sampai 30 menit, pasti mantap deh hasilnya.

Harus diingat
Lari ini dilakukan rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Sanggup??

Ok, balik lagi ke tangga..

Tangga yang ada di dalam ruangan ini sangat cocok untuk peregangan badan.
Ingat ya peregangan!!

Kan tidak mungkin anda berolahraga di kantor dengan naik turun tangga?
Hasilnya malah anda kecapaian

Keringat ngucur, baju basah, malah gerah jadinya..

Hanya untuk selingan

Naik turun tangga ini hanyalah merupakan kegiatan selingan di tengah aktivitas anda yang sibuk duduk.

Aktivitas ini akan memberikan efek melegakan karena badan sudah lama terbujur kaku di depan komputer.

Cukup lakukan 3 sampai 5 menit saja.

Terus

Jika anda memutuskan untuk lari-lari di tangga, saya sarankan sebaiknya jangan!!

Jangan dilakukan!!

Mengapa?

  • Resiko cedera lebih tinggi
  • Anda bisa terpeleset dan jatuh
Kalau mau lari-lari, silahkan luangkan waktu yang lebih lama dan cari tempat yang lebih lapang lagi.
Resiko cedera bisa diminimalisir dengan melakukan di tempat yang tepat.

Oleh karena itu, gunakan tangga hanya untuk gerakan berjalan naik turun
Dengan tujuan untuk meregangkan badan disela-sela kesibukan.

Ini adalah cara mudah berolahraga ketika berada di tempat kerja dan aktivitas ini adalah selingan saja, agar badan lebih rileks lagi.

Cukup lakukan 2 atau 3 kali dalam sehari..
Sekali juga sudah lumayan kok..

Jadi manfaat tangga bagi kesehatan ini sangat pas bagi anda yang bekerjanya sering duduk.

Ataupun kalau memang tidak ada tangga, anda masih bisa berjalan-jalan disekitar ruangan selama beberapa menit.

Yang penting tubuh tetap bisa bergerak walaupun sedang sibuk di depan komputer.

Terus..
Kalau mau mengambil sesuatu, bangkitlah dari tempat duduk.

Kenapa??

Agar anda bisa berjalan walau sebentar, tubuh pun dapat bergerak.
Jangan hanya menggeser kursi rodanya saja dan anda masih duduk manis diatasnya.

Bangun, jalan dan ambil barang yang anda inginkan.
Kemudian bergerak lagi ke tempat duduk dan melakukan aktivitas lanjutan.

Dapat bergerak juga kan?

Gerakan sekecil apapun tentu sangat bermanfaat bagi tubuh lho..
Setuju??

Previous
Next Post »