Meja sudah menjadi peneman akrab kita dalam bekerja. Menulis, mengetik, menghitung dan lainnya.
Ditemani sahabat karibnya, kursi, aktivitas pun semakin nyaman.
Nah, ngomong-ngomong nyaman, ada beberapa faktor yang tidak boleh dilupakan.
Jika dianggap sepele, bisa mengikis mood bekerja lho.
Duh..
Sayang sekali kan?
Sayang sekali kan?
Ketika perlu konsentrasi tinggi, semangat malah ambruk.
Tugaspun terbengkalai.
Tugaspun terbengkalai.
Perhatikan faktor berikut
Demi menghindari hal yang tidak diinginkan, beberapa faktor berikut mesti diterapkan.
Kenyamanan pun meningkat.
Kenyamanan pun meningkat.
1. Kebersihan
Meja mesti dalam kondisi bersih, rapi dan kinclong. Bersih membangkitkan mood, mood naik semangatpun ikut bangkit.
Mau kan?
Semangat tinggi memang sanggup membuat energi berlipat dan akhirnya pekerjaan beres...
Coba meja kotor?
Waduh, malas banget bekerja.
Tidak ada semangat.
Tugas yang mesti segera dituntaskan bisa molor. Tahu kan apa artinya?
Jika itu tugas dari bos besar, bahaya sudah mengintai.
Jika itu tugas dari bos besar, bahaya sudah mengintai.
Gawat pokoknya.
Karena itu, kebersihan meja tidak boleh diabaikan. Jika terasa kotor, banyak debu bermalasan diatasnya, segera singkirkan mereka.
Bekerjapun lebih nyaman.
2. Singkirkan barang yang tidak diperlukan
Barang yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, sebaiknya diungsikan ke tempat lain.
Kehadirannya hanya mengganggu.
Kelincahan gerak tubuh dibatasi olehnya, tangan bisa saja menyenggol atau menabrak benda-benda itu.
Contohlah botol minuman.
Jika tidak sengaja menyenggolnya dan botol ini terkejut, ia akan berguling dan menggelinding.
Terus..
Jika saja botolnya tidak tertutup rapat, air di dalam mendapatkan kesempatan untuk melarikan diri..
Bisa saja file penting anda diajak mandi.
Bisa saja file penting anda diajak mandi.
Ouchh..
Jadi, jauhkan mereka dari meja kerja agar hal buruk bisa dihindari, sehingga target pekerjaan bisa dituntaskan dengan cepat.
3. Cuci segera gelas dan piring bekas makanan atau minuman
Bekerja itu paling enak ditemani makanan atau minuman. Ketika perut bergejolak dikit, sudah langsung disumpal biar tenang..
Hmmm...
Senang bukan??
Tapi hati-hati juga.
Seketika makanan atau minuman itu sudah lenyap, jangan mengabaikannya begitu saja. Jangan membiarkannya diam bengong dalam waktu lama.
Kenapa??
Sisa makanan atau minuman yang masih menempel pada piring dan gelas, seakan menjadi "surat undangan party" untuk satu binatang.
Semut..
Yap..
Binatang kecil dan jahil.
Bau makanan menjadi penuntun koloninya kemana harus bergerak. Makanan sekecil apapun tidak masalah, angkut..
Begitulah semboyannya.
Ketika tidak sadar telah membiarkan wadah makanan tergeletak begitu saja, tiba-tiba kita dikejutkan oleh kerumunan semut.
Mereka bahkan tidak ragu mencubit kulit kita dengan mulut sangarnya.
Ouch..
Jika kerumunan banyak, bekerja pun kacau. Konsentrasi tiba-tiba lenyap dan yang muncul malahan stress.
Aduh..
Kacau jadinya.
Nah, jika tidak mau diserang hewan kecil ini, segera setelah makanan habis, wadahnya langsung dikirim ke dapur dan cuci sampai kinclong.
Dijamin, semut tidak akan pernah mendapat undangan pesta lagi.
Akhirnya nyaman
Nyaman membuat bekerja lebih enak, tidak ada gangguan yang menggoyahkan konsentrasi. Tugas pun bisa dilibas dengan cepat.
Asyik..
Terus..
Jika kita menemukan sesuatu yang menggerus rasa nyaman bekerja di meja, segera bereskan. Jangan biarkan terlalu lama mengganggu.
Kenyamanan adalah segalanya.
Rasa nyaman meningkatkan semangat dan mood bekerja. Tidak terasa tugas demi tugas kelar dengan sendirinya..
Mantap..
Baca juga ya :
ini yang harus kita biasakan kalau sudah berantakan kerja jadi sangat males....
ReplyDeleteiya mbak..
ReplyDeletebiar semangat nambah lagi.. :)