Manfaat Penting Fisika Dalam Kehidupan Kita

Mendengar katanya saja sudah banyak yang mengernyitkan dahi, "itu pelajaran yang mirip dengan matematika kan?", tanya teman.

Jawaban saya adalah "iya, betul"



Kengerian terbayang diwajahnya ketika harus dihadapkan dengan rentetan rumus-rumus, belum lagi yang berasal dari matematika, wajahnya semakin tertekan.

***

Fisika tidak hanya berhubungan dengan rumus, banyak kok berkaitan dengan logika-logika yang asyik dipahami. Beneran.. Bahkan ilmu fisika sangat sering kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, sadar atau tidak.

Untuk itu, saya coba berikan beberapa manfaat fisika yang sangat penting diketahui dalam kehidupan. Pastinya sangat bermanfaat..

1. Isolator dan konduktor

Benda-benda yang memiliki salah satu sifat ini sangat sering digunakan dalam hidup sehari-hari. Sebagai contoh di dalam ruang dapur.
LIriklah panci.

Badannya terbuat dari aluminium yang sanggup menyerap panas dengan baik dan membagikannya kepada air di dalamnya. Panas inilah yang membuat kita bisa minum kopi yang nikmat itu.

Sekarang perhatikan pegangannya, dibuat dari kayu yang merupakan bahan anti konduktor. Ia mampu menahan panas agar tidak menjalar di setiap bagiannya, sehingga tangan tidak akan kepanasan ketika meremasnya.

Para pengrajin panci tahu bahan mana yang konduktor dan isolator dan ini memudahkan mereka dalam menghasilkan produk bermutu.

Kita yang belajar fisika pun tahu, dengan adanya kayu pada panci, tangan tidak akan pernah kepanasan.






2. Es dan air

Es adalah  air yang menggumpal dan berbentuk padat. Ini terjadi karena suhu yang drop dan mengharuskan air mengambil wujud padat.

Karena kita tahu bahwa es terbentuk jika suhu dibawah 0 derajat celcius, maka para ahli bisa membuat pendingin yang memudahkan dalam pembuatannya.

Es sangat marak digunakan dalam kehidupan, membuat minuman yang segar adalah salah satunya.
Sifat air yang bisa membeku ini tentu terungkap berkat fisika juga.




3. Waktu tempuh

Jarak tempuh bisa dihitung dengan mudah berkat bantuan dari kecepatan dan waktu yang dijalani. Atau ketika ingin mencari kecepatan rata-rata suatu perjalanan, tinggal bagi saja jarak dan waktu yang sudah diukur.

Misalnya berangkat dari kota A menuju kota B, jaraknya bisa dihitung dengan menggunakan pengukur kilometer pada kendaraan.

Waktunya tinggal di kurangkan ketika berangkat dan setelah tiba.

Untuk mendapatkan kecepatan, tinggal dibagi saja jarak dan waktu yang telah di tempuh.

Terkadang teman kan bertanya, berapa kecepatan kendaraan kita ketika berangkat dari suatu tempat ke tempat lain. Memang sih sudah ada speedometer, tapi kecepatannya kan berubah-ubah tergantung kondisi jalan.

Nah dengan menghitung jarak dibagi waktu tempuh, kecepatan rata-rata bisa diperoleh.




4. Bendungan

Hubungannya apa?

Bendungan merupakan salah satu bangunan yang digunakan untuk menampung air bagi irigasi pertanian di musim kering. Tapi bukan hanya itu saja, ada manfaat lain yang tak kalah kerennya.

Menghasilkan listrik.

Para ilmuwan mengetahui kalau generator yang berputar mampu menciptakan aliran listrik. Dan yang digunakan untuk memutar turbin generatornya adalah guyuran deras air yang jatuh dari bendungan.

Ini adalah sumber energi yang bersih dan tidak menimbulkan polusi, karena tidak dilibatkannya bahan bakar fosil, seperti BBM.

Berkat pengetahuan inilah, sumber energi listrik bisa diperoleh dengan mengandalkan bendungan serta membantu petani mendapatkan hasil panen melimpah di musim kering.




5. Penjelajahan luar angkasa

Perjalanan ke luar angkasa merupakan perjalanan jauh dan rumit. Kok begitu?

Agar bisa menembus angkasa yang jaraknya jauh, diperlukan pesawat yang mampu bergerak vertikal dengan kecepatan luar biasa.

Kecepatan ini bisa diciptakan dengan prinsip gaya dorongan. Pesawat luar angkasa mampu memuntahkan dorongan besar di bagian belakangnya untuk kemudian membuat pesawat melesat naik.

Gaya dorong ini membuat pesawat yang semula diam di tanah langsung membumbung tinggi ke angkasa menuju tempat yang ditargetkan.

Proses pembakaran di dalam mesin mampu membuat pesawat memiliki gaya dorong yang cukup untuk membuatnya terbang tinggi. Agar bisa menerbangkan pesawat raksasa ini, gaya dorong yang diperlukan pastinya luar biasa besar.

Berkat penemuan metode inilah, misi luar angkasa bisa terus dilakukan dan semakin menambah pengetahuan masyarakat bumi tentang dunia luar angkasa.

Pesawat luar angkasa ini menggunakan prinsip dari "Hukum Newton III", yaitu aksi dan reaksi.



6. Karat besi

Karat merupakan momok menakutkan untuk benda yang dibuat dari besi. Ambil contoh pagar atau pintu gerbang.

Kalau tidak dilakukan tindakan yang baik, karat akan merajalela dan menggerogoti setiap bagian besi dan disinilah kita mendapatkan pengetahuan yang baik mengenai gejala ini.

Memang ada hubungan dengan reaksi kimia dan dengan melakukan pengecatan saja, karat bisa langsung dihindari.

Kita diajarkan kalau karat tidak akan terjadi jika besi tidak bersentuhan langsung dengan udara dan air. Benda itu akan aman dalam waktu lama.




7. Memanaskan air dengan panci tertutup

Panci yang tertutup ketika digunakan untuk memasak air akan lebih cepat mendidih. Jadi sangat rugi jika memanaskan air tidak dilengkapi dengan tutupnya.

Hal ini berlaku efektif untuk memasak air dalam jumlah banyak. Kalau cuma segelas tidak terlalu.

Tutup mencegah uap panas kabur dan tetap berada di dalam panci, sehingga semakin mempercepat kenaikan suhu air. Selain panas disuplai oleh api, panas ini juga datang dari uap air yang terperangkap.

Airpun cepat mendidih.

Masih banyak

Manfaat fisika dalam hidup masih banyak dan kita sangat terbantu dengan kehadirannya. Pekerjaan bisa dituntaskan dengan lebih cepat dan mudah.

Jadi belajar fisika sangat mengasyikkan, karena langsung berkenalan dengan alam dan sifat-sifat uniknya.



Previous
Next Post »