Beberapa Perbedaan Antara Singa dan Harimau

Tak jarang lho ada anak yang masih bingung dengan kedua hewan ini, mereka sering terbalik dalam menyebut nama keduanya. Nah karena masih ada yang bingung, saya akan membagikan beberapa perbedaan dari kedua hewan ini..



Ok, langsung saja dari yang pertama..


Corak kulit

Singa itu warna kulitnya coklat dan polos, tidak ada tambahan warna lain lagi. Sedangkan harimau warna kulitnya sama dengan singa, yaitu coklat namun ada garis-garis (stripe) hitam diseluruh tubuhnya.

source : pixabay



Tampak kepala

Singa memiliki rambut yang tumbuh lebat disekitar kepala, ini hanya ada pada singa jantan. Kalau singa betina tidak memiliki rambut yang tumbuh disekitar kepala. Singa betina bentuknya polos dari rambut sampai ekor.

Kalau harimau, tampak kepalanya beda sekali. Selain ada garis-garis hitam,  corak warna putih juga terlihat jelas disana..

source : pixabay



Tempat hidup

Singa hidupnya di padang rumput, umumnya di daerah afrika, dan hidup bergerombol dengan kawanan lainnya. Yang mencari makan biasanya singa betina dengan cara menyergap musuhnya secara berkelompok. Sedangkan singa jantan, menunggu hasil buruan saja walaupun kadang ikut meneror mangsanya juga..

Harimau bagaimana?

Harimau tinggal di hutan dan salah satu jenis yang terkenal di dunia adalah harimau sumatra yang jumlahnya sudah semakin sedikit. Harimau diburu karena kulitnya diperjual belikan, ini sangat dilarang oleh undang-undang.

Harimau juga hidupnya menyendiri, sangat jarang terlihat bersama dengan kawanan lain. Dalam urusan berburupun ia melakukannya sendiri..

Oh ya, ada satu lagi harimau bengal yang ada di India. Warna kulitnya tidak coklat, tapi di dominasi oleh putih dengan garis-garis hitam..

Nah, itulah tiga perbedaan dari singa dan harimau. Agar lebih jelas lagi silahkan cek di youtube untuk menonton video bagaimana kehidupan dari singa dan harimau di alam bebas..


Previous
Next Post »